Sabtu, 07 September 2013


Kali ini aku mau kasih tahu beberapa lagu dari AKB, SKE, NMB, dan JKT, dari lagu single dan lagu disetlist  yg aku suka. Mungkin banyak yang beranggapan lagu yang aku suka ini bagus, tapi mungkin ada yang biasa aja. Tapi inikah pilihanku, jadi terserah aku dong!
Lagu-Lagu AKB
Pertama adalah lagu dari AKB48, tentunya karena mereka pelopor bagi sister grupnya yang lain. Kali ini ada beberapa lagu single dan ada juga lagu dari setlist theater.
  • Beginner
Lagu ini single ke 18 AKB. Pertama aku suka lagu AKB adalah lagu ini. Awal dengerin lagu ini sebenarnya enggak sengaja. Karena waktu itu aku belum mengenal AKB sepenuhnya, jadi aku cari di google lagu akb mana yang paling enak didengar dan bagus. Nah, di salah satu list dari blogger terselipah lagu ini. Setelah itu aku langsung dengerin lagu ini, dan ternyata lagunya bagus banget.
Lagu ini terkesan keren dan apa ya? Cool banget deh. Musiknya itu agak sedikit “dark” sih menurut aku, aku enggak terlalu paham sama musik jadi gek ngerti bahasanya. Setelah suka sama lagunya, baru deh aku cari videonya, akhirnya ketemu sama PV dan live videonya. Dan PVnya itu keren bgt, sayangnya PV yg bagus itu kena cekal di Jepang karena ada adegan berdarahnya gitu. Tapi kata aku masih wajar sih karena emang tema lagunya tentang mengajak kita untuk bangkit. Ya pokoknya sesuailah sama lirik lagunya.
  • Sakura no Hanabiratachi 2008
Lagu ini adalah lagu mengenai perpisahan, tema lagu yang bagus dan musik serta lirik yang dalam membuat lagu ini indah banget. AKu sangat suka sama PVnya walau termasuk jadul karena ada waktu tahun 2008. Di PV lagu ini semua member AKB48 ada (belum ada SKE dan sister grup lainnya waktu itu). Karena lagu ini adalah lagu perpisahahan, aku jadi selalu sedih kalau nyanyiinnya dan liat PVnya.
Di situ kan yang ada hampir semua member original AKB walau udah ada yang graduate, tapi saat itu masih banyak original member yg masih ada. Nah, kalau sekarang ngeliat PV itu lagi rasanya udah beda, karena struktur AKB udah gak kayak dulu lagi. Gak ada lagi Acchan, Oshima Mai, Ono Erena, Oku Manami, Masuda Yuka, dan banyaaaaaaaaak sekali member AKB lainnya yang udah gak ada sekarang. Jadi kerasa banget lagunya menyentuh ketika banyak member yg udah graduate sama seperti tema lagunya yang tentang kelulusan. Ini lagu indah dan menyedihkan.
  • Sakura no kini Narou
Ini juga lagu tentang kelulusan, pokoknya apapun lagu AKB48 yang ada kata sakuranya itu lagu kelulusan. Karena sakura itu kan identik dengan musim semi, nah di Jepang bulan kelulusan anak-anak sekolah juga waktu musim semi. Sakura no ki ni narou juga bercerita tentang sebuah perpisahan. Arti dari judul lagu ini adalah pohon sakura yang abadi.
  • River
Lagu ini yang membawa nama AKB48 berkibar. Dari lagu inilah nama AKB mulai terkenal di seluruh Jepang. Lirik lagu ini itu ngasih motivasi buat yg denger supaya mereka mau meraih mimpi mereka, sambil mengarungi sungai mimpi. Dancenya juga atraktif ditambah ada beat tepukan tangan, kayak tepuk tangan tentara yg lagi tepuk tangan hehe (ya begitulah, susah dibahasakan).
  • Keibetsu Shiteita Aijou
Lagu ini bukan ttg cinta atau nasihat atau perpisahan tapi tentang bullying. Nuansa dan musik lagu ini dark banget, cocok buat ngegambarin gimana perasaan seseorang yang selalu dibully dan dikucilkan oleh teman-temannya.
  • Boku dake no value
Lagu ini cerita bahwa setiap orang punya nilai yang dilihat dari kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi yg merasa serba kekurangan dengar lagu ini, ada nasihat untuk kamu supaya bersyukur dengan apa yang kamu miliki. Karena boku dake no value (nilai yang hanya punyaku), setiap orang punya nilainya masing-masing.
  • Give me five
Ini lagu AKB yg paling beda karena biasanya mereka nyanyi sambil nari, tapi ini mereka nyanyi sambil main alat musik. Semua senbatsu member kepilih nyanyi sambil pegang alat musik, di gitar ada Takamina dan Acchan, di bass ada Yuko, dan di drum Yukirin. Enak banget buat dinyanyiin, walau lagu perpisahan, tapi ini bagus banget dan nadanya ceria.
  • Oogoe Diamond
Artinya teriakan berlian. Lagu ini udah bisa dibilang jadul. Di PV ini Matsui Jurina dari SKE48 dipilih pertama kali jadi senbatsu member. Walaupun baru sebentar dia dikasih tempat sebagai center ngegeser posisi the absolute Ace, Atsuko Maeda. Kalimat yang terus keinget tuh “daisuki da kimi ga daisuki da” atau ku suka, dirimu ku suka….
  • Bingo
Lagu ini ceria, easy listening, dan PVnya terlihat segar karena para member AKb syutintg di pantai. Waktu PV ini dibuat, para member masih kecil-kecil masih pada muda, dan mukanya masih polos walaupun sekarang gak jauh beda juga. Bingo bingo anata ni migureaeta あなたに巡り会えた. Semua member AKB ikut ambil bagian di PV ini.
  • New Ship
Lagu ini dinyanyiin sama kumpulan member AKB, SKE, NMB, HKT, dan JKT. Di PV ini yg jadi center ada Matsui Jurina dan Melody JKT48. Berarti ini pertama kali member JKT48 ada di PV AKB. Orang-orang yang ikut di PV ini ada member-member tenar dari AKB dan sister grupnya, kayak Shimazaki Haruka (next centre), Iriyama Anna Team A, Ichikawa Miori si fresh Lemon, Sato Sumire, Takahashi Juri, Yamauchi Suzuran, Kodama Haruka center HKT48, Watanabe Miyuki alias Milky anggota ke 2 paling populer di NMB48, dan masih banyak lagi. Mereka semua tergabung dalam Spesial Girls A.
  • Kaze wa fuiteiru
Lagu ini dibuat waktu ada peristiwa Tsunami besar di Jepang tahun 2011 lalu. Arti dari judul lagu ini adalah angin yang bertiup.
  • Heavy Rotation
Pastinya lagu ini gak boleh lewat dari list. Walau bukan satu-satunya lagu yg populer tapi lagu ini lagu wajib yang harus disukai dari semua lagu AKB48. I want u, i need u, i love u, atama no naka. GANGAN natteru M.U.S.I.C
HEBII ROOTEESHON
  • Sugar Rush
Lagu ini lagu baru AKB yang jadi ending song film dari DIsney dengan judul yang sama. Nada lagunya keran sama kayak lagu disney yang lain. Let sing “S.U.G.A.R jump into your racing car say SUGAR RUSH”.
  • So Long
Ini juga lagu baru AKB. Center di lagu ini adalah Watanabe Mayu untuk pertama kalinya. Dia dan 2 kandidat terkuat center AKB48 lain, Jurina dan Paruru ada di front triangle. Lagunya bagus, indah banget.
  • First Rabbit
Lagu ini jadi OST buat film documenter AKB48 Show must go on. Judulnya emang lucu karena ada kata rabbit, tapi arti lagunya bermakna dan dalam banget. Butuh inspirasi dan nasihat? Dengar dan cari arti lagu ini.
On a painful journey
I will become an adult
I will shed tears
My heart will hurt
Even so, I won’t give up on my dream
I will become the first rabbit
Artinya
Di perjalanan yang menyakitkan, aku akan menjadi dewasa. Aku akan merasakan kesedihan yang membuat hatiku terluka. Meskipun begitu aku tidak akan menyerah kepada mimpiku. Aku akan menjadi kelinci yang pertama.
  • Show Fight
Walau tema PVnya adegan perkelahian, tapi lagu ini mengajarkan kita banyak hal. Mengajarkan kita untuk selalu tegar dan menghadapi semua masalah di hidup kita.
  • IIwake Maybe
Ini lagu pertama kali Acchan menang di pemilihan umum pertama.
logo AKB48
Lagu Stage AKB
Yang diatas tadi itu kagu-lagu single AKN, nah sekarang lagu yg ada di setlist theater.
Dari TEam A, aku suka sama lagu Kuroi Tenshi karena lagunya sexy dan bagus banget dinyanyiin sama 3 member pilihan ada Atsuko Maeda, Aki Takajo, dan Fujie Reina, trus ada Kurumi to Dialogue yang musiknya kece badai. Ada juga AKB Sanjou dengan musik rock yang menggema dengan aksesorus di kostum panggung berupa lampu senter di tangan, Tadaima Renaichuu yang easy listening “u say aishiteru, i say motto motto”.
Dari Team K
Ini adalah team yg paling banyak lagunya yg aku suka, sebut aja To Be Continued, Uhhohohoho, Hatsukoi Dorobou, Reset, Saishuu bell ga naru, Mammoth, 16 sin shimai no uta, korogaru ishi ni nare, Tomo yo, sasae, dan masih banyak lagi.
Dari team B
Ada Shonichi dari setlist team B 3rd stage Pajama Drive yang juga dibawain sama JKT48. Dengan lirik paling menggetarkan hati di reffrainnya “Impian ada di tengah peluh bagai bungai yang mekar secara perlahan, usaha keras itu tak akan mengkhianati”. Ada juga team B Oshi, Yokaze no Shiwaza yang dinyanyiin solo sama Yukirin dan pernah sama Oku Manami juga, Hatsukoi no konnichiwa yang dinyanyiin sama Mayuyu, Suuchan (Sumire Sato) sama Maachan.
Lagu-Lagu SKE
  • Kataomoi Finally, walau di PV ceritanya tentang pasangan lesbi, tapi lagu ini bagus.
  • Aishiteruburu, lagunya enerjik yang emang image SKE48 banget.
  • Gomen ne summer, lagu ceria yang juga didaur ulang sama JKT48.
  • Aozora Kataomoi, lagunya easy listening.
  • Tsuyoki mono yo yang artinya jadilah orang yang kuat. Ini 1st single SKE.
  • hatsukoi yo fumikiri, artinya cinta pertama di perlintasan kereta api.
Lagu-lagu NMB48
  • Zetsumetsu Kurogami Shoujo karena dancenya bagus dan unik.
  • Junjou u-19 yang artinya hati murni dibawah 19 tahun. Walau maksud dari lagu ini vulgar, yaitu sebuah hubungan suami istri itu bisa dilakukan kalo kita sudah ber usia di atas 19 tahun. Jadi kalo kita umur segitu boleh ngelakuin apa aja. Itu yg buat lagu ini terlalu dewasa. Tapi kalau enggak tahu artinya enggak salah buat dinyanyiin karena dance dan musiknya atraktif. Tpi liriknya mohon jangan ditiru, dengar musiknya aja.
Lagu HKT48
Karena umurnya masih sama kayak JKT48 makanya HKT48 belum punya lagu sendiri. Eh cuma 1 yaitu hatsukoi no butterfly. Pertama dengar lagunya langsung suka, PVnya juga anak-anak banget sesuai sama umur membernya yang rata-rata 14 tahun. Di sini posisi center HKT yang biasanya milik Kodama Haruka dari Team H, diambil alih sama Tashima Meru yang disebut 2nd Matsui Jurina. Padahal cewek yang baru berusia 12 tahun ini msih menjadi trainee dari generasi kedua. tapi karena cantik dan enerjik, dia dijadiin center ngeganti posisi Haruppi dan ngalahin juga Miyazaki Sakura, member HKT yg bisa meraih posisi member terfavorit paling tinggi dari semua member HKT48 di pemilihan umu AKB.
Dan dari JKT48, beberapa lagunya udah disebutin di atas. Karena mereka masih baru jadi semua lagunya masih adopsi dari lagu AKB dan SKE.
OK itulah lagu-lagu dari 48 family yang aku suka. Ini pilihanku, apa pilihanmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar